Kemenparekraf Umumkan Desa Wisata Barania Lolos 100 Besar ADWI 2022


Desa Barania di Kecamatan Sinjai Barat bertahan dalam tahap kurasi 100 besar Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonedia (ADWI) 2022 yang diumumkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dua tahun berturut – turut Desa Barania mengikuti ajang tersebut, sebelumnya pada tahun 2021 Desa Barania lolos masuk 300 besar bersaing dengan 1.831 desa dari 75 ribu desa di Indonesia dan mengantarkan Desa Barania lebih dikenal lagi di tingkat Nasional.

Kali ini kembali bersaing dengan 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia dan kembali berhasil lolos 100 besar dan dinyatakan sebagai Desa Wisata Berkembang.

“Tentu ini kabar baik bagi kita khususnya warga Kabupaten Sinjai, sebab potensi alam pedesaan dikelola dengan baik hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi industri pariwisata dan membuktikan Kabupaten Sinjai khususnya Desa Barania mampu bersaing dengan desa – desa lainnya di seluruh Indonesia, terbukti dari tahun ke tahun jumlah pengunjung semakin meningkat dan pemerintah berharap sumber daya masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja.” ungkap Kadis. Pariwisata dan Kebudayaan Yuhadi Samad.

“Saya juga berharap semoga Desa Barania bisa kembali lolos 50 besar. Oleh karena itu, saya mengajak kepada masyarakat Kabupaten Sinjai, ayo dukung Desa Wisata lokal kita, semoga pengelola desa wisata yang kaya akan ide kreatif dan mampu mengaplikasikan konsep – konsep menarik dalam desa wisata sehingga layak untuk dijual dan masuk kurasi 50 besar” tutupnya.

Related Post