Bupati Sinjai dan Kemndikbud Ri Beri Apresiasi Pelaksanaan Pesta Adat Marimpa Salo 2018


Bupati Sinjai dan Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Tradisional Pada Acara Pesta Adat Marimpa Salo 2018. Foto : Humas Sinjai

Puncak perhelatan pesta adat Ma’rimpa Salo 2018 berlangsung meriah. Acara yang digelar di Desa bua, Kec Tellu Limpoe, Kab Sinjai (10/10/18) memukau ratusan warga masyarakat dari Desa Bua, Desa Sanjai dan tamu undangan yang hadir Termasuk Kepala Sub Direktorat pengetahuan dan ekspresi tradisi Budaya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dra. F. Sri Lestariyati, MM.

Dalam sambutannya Dra. F. Sri Lestariyati berterima kasih atas kerjasama yang terjalin antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud Sinjai) sehingga acara Marimpa Salo dapat terselenggara. Acara ini merupakan kekayaan budaya Indonesia yang patut kita lestarikan secara bersama-sama, semoga kegiatan ini memberi manfaat agar kita semakin mencintai budaya lokal kita.

Selain itu pujian dan apresiai Bupati Sinjai, A. Seto Ghadista Asapa, SH, LLM diberikan kepada panitia penyelenggara (Disparbud sinjai) beserta segenap warga Desa Bua, Kec Tellu Limpoe atas terselenggaranya acara Marimpa Salo yang meriah ini. Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa Ma’rimpa Salo sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2018, maka sepatutnya kita dapat bersama-sama lebih pro aktif dalam upaya melestarikan pesta adat Marimpa Salo ini serta melakukan promosi yang lebih intensif.

Bupati dan rombongan turut ikut melaksanakan prosesi Marimpa salo yang dimulai dari hulu menuju muara bersama puluhan iring-iringan perahu hias nelayan yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Even budaya ini dimeriahkan berbagai kegiatan antara lain lomba merajut jaring, lomba kuliner, lomba perahu hias, dan pertunjukan seni Tari Maddongi, Tari Massulo Uwae, Tari Maddakkang.

Prosesi Acara Marimpa Salo 2018. Foto : Humas Sinjai

Terima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jendral Kepercayaan Teehadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov SulSel yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pesta adat Ma’ Rimpa Salo 2018, kata Kadis Disparbud Sinjai, Drs. Yuhadi Samad, M.Si. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ada hal-hal yang tidak berkenan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Selain Bupati Sinjai dan Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Tradisional, Hadir juga Kepala Dinas Parawisata Kebudayaan Prov.Sul-Sel atau yang mewakili, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD ,Para Anggota FORKOPIMDA Kab.Sinjai, Sekertaris Daerah, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Lurah dan Kepala Desa, Para Tokoh Agama, Budaya, seni, dan Tokoh Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post