Pesta Adat Mappogau Hanua : Mabbali Sumange’


Masyarakat Desa Duampanuae, Kecamatan Bulupoddo menggelar ritual Mabbali Sumange’. Senin (11/10/2020)

Mabbali Sumange’ merupakan salah satu rangkaian kegiatan Mappogau Hanua yang digelar setahun sekali ini setelah panen kedua setiap tahunnya bertempat di rumah adat Pallimpoe Dusun Pallimpoe.

Kegiatan yang dihadiri segenap masyarakat Dusun Pallimpoe ini merupakan tahapan setelah dilakukannya ritual Manre Sokko 2 (dua) hari sebelumnya.

Dalam prosesi tersebut menampilkan kue tradisional (Beppa Toriolo dan Beppa Pitu-Pitu) yang dibawa dengan suka cita oleh masyarakat setempat dari rumah masimg – masing ke Rumah Adat Pallimpoe kemudian ditumpuk hingga menyentuh buah Alosi yang digantung pada langit-langit rumah, serta air dari sumur tua yang dikeramatkan oleh warga setempat. Itulah keunikan dari prosesi ini.

Diakhir dari acara tersebut, masyarakat saling berebut untuk mendapatkan kue dan air yang telah diberkahi. Hal ini merupakan bentuk syukur atas panen yang yang dihasilkan tahun ini.

Kegiatan tersebut juga Kepala Desa Duampanuae A. Ambo Antong, SE., Kasi. Promosi Pariwisata Andi Purnama P., SE dan staf Bidang Kebudayaan Disparbud Sinjai.

 

Related Post