Disparbud Sinjai Gelar Festival Layang-Layang di Pantai Hubat


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menggelar Festival Layang-Layang di Pantai Hutan Bakau Takkalala (Hubat), Dusun Jahung-Jahung, Desa Sanjai, Kec. Sinjai Timur, Sabtu (05/10/19).

Festival Layang-Layang ini merupakan rangkaian Pesta Adat Ma’ Rimpa Salo yang akan digelar pada hari Kamis, 10 Oktober 2019. Festival  ini diikuti 38 peserta dari OPD, BUMN dan BUMD sebanyak 20 peserta serta 18 orang untuk kategori Umum.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Haerani Dahlan, S.Ip, M.Si mengatakan tujuan diadakannya Festival Layang-Layang untuk memasyarakatkan kembali lomba layang-layang dan ini merupakan bentuk permainan tradisional yang dilaksanakan setelah panen baik itu dilaksanakan di pegunungan maupun di pesisir,dan saya berharap agar festival layang-layang ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

Kepala Desa Sanjai Muh. Arsal, berharap agar festival ini menjadi even tahunan dan bertaraf nasional. Semoga tahun depan festival layang-layang ini bisa lebih meriah lagi dan diikuti peserta dari luar Kabupaten Sinjai.

Berbagai layang-layang dengan aneka bentuk, warna dan ukuran yang ditampilkan dalam festival ini, seperti layangan berbentuk burung, ikan, ubur-ubur, dll.

Adapun yang menjadi juara yaitu Juara 1 Dinas Peternakan,Juara II Dispora,Juara III PDAM, Juara Harapan I Dinsos,Juara Harapan II Dinas Kesehatan,Juara Harapan III BKPSDMA.

Selanjutnya Festival Mengarang dalam Tulisan Lontara Bugis yang diikuti pelajar SD Se-Kecamatan Sinjai Timur akan digelar pada hari Senin, 07/09/19 di Tribun Lapangan Sepak Bola Desa Sanjai.

Related Post