FGD Penyusunan Naskah Akademik WBTB Tahun 2020


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Madani (LAPERMA) Sinjai menggelar Fokus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Naskah Akademik Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kabupaten Sinjai Tahun 2020 di Aula Disparbud Sinjai. Rabu, 04/03/20.

FGD ini membahas tentang naskah akademik isi Perjanjian Topekkong dan kuliner khas Sinjai yaitu Laha Bete untuk diajukan sebagai WBTB ke Kementrian pendidikan dan Kebudayaan Ri.

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan, S.Ip., M.Si mengatakan, Tahun 2020 ini kita mengajukan dua yaitu Isi Naskah Perjanjian Topekkong dan Laha Bete sebagai salah satu makanan tradisional kita.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa, dokumen naskah akademik ini akan segera kita ajukan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ri untuk mendapatkan pengesahan sebagai WBTB guna menjaga warisan budaya kita agar tidak di klaim oleh daerah lain, kata Kepala Disparbud Sinjai.

Setiap tahun kita selalu mengkaji warisan-warisan budaya yang ada di Kabupaten Sinjai seperti naskah, makanan khas atau kuliner, dan tradisi pesta adat untuk kita ajukan sebagai WBTB, katanya menambahkan.

Turut hadir dalam FGD ini, Sekretaris Disparbud Sinjai Andi Mandasini, Kabid Kebudayaan Disparbud Sinjai Dra. Zakiyah, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Disparbud Sinjai Dewi Angriani, Ketua LAPERMA Musaddaq, Pemerhati Budaya Zainal Abidin Ridwan dan Izhar, Dosen IAIM Sinjai Muh anis, STIPM Nur Rahma Razak.

Related Post