Kadisparbud Sinjai Hadiri Rakornas Bidang Kebudayaan Di Jakarta


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai Haerani Dahlan, S.Ip, M.Si di dampingi Kepala Seksi pengembangan Lembaga dan Tenaga Kebudayaan Mustikawati S.Sos, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kebudayaan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, mulai 26-29 Februari 2020 dan diikuti oleh seluruh perwakilan dari kabupaten/kota se-Indonesia.

Mengusung tema “Gotong Royong Membangun Kebudayaan” kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan kebudayaan dan bergotong royong memajukan kebudayaan dari daerah hingga pusat.

Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A ditandai dengan pemukulan Bedug Bengkulu oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dirjen Kebudayaan, komisi X DPR RI dan Irjen Kemendikbud. Rabu, 26/02/20.

Dalam sambutannya Mendikbud Nadiem, mengatakan bahwa pendidikan dan kebudayaan akan selalu bersinergi, pendidikan tidak akan pernah menjadi efektif tanpa unsur seni dan budaya yang kuat, sedangkan dalam kebudayaan ada proses pendidikan untuk mempelajari budaya.

Perlu ada perubahan paradigma budaya dimana menjaga budaya bukan hanya menunjukkan keberadaan dan kebhinekaan tapi juga tampil di panggung dunia “jangan melihat seni dan budaya hanya sebagai aktivitas budaya saja, bahkan dalam pengembangan objek wisata, budaya adalah hal yang harus di tonjolkan”, Katanya menambahkan.

Selain itu dia mengajak seluruh peserta Rakornas untuk mengekspansi defenisi budaya, bahwa budaya adalah segala hal yg unik yang terdapat di suatu daerah. Baik itu kebiasaan yang unik, produk yang unik, keterampilan yang unik, segala sesuatu yg unik harus menjadi budaya.

Related Post