Kepala BNPT Berkunjung Ke Hutan Mangrove Tongke-Tongke


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Boy Rafli Amar didampingi Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong mengunjungi Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Senin, (28/09/20).

Tiba di Hutan Mangrove Tongke-Tongke Komjen Pol. Rafli Amar disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai Haerani Dahlan sembari berjalan menyusuri tracking mangrove berupa jembatan kayu dan terowongan bakau menggunakan Speed Boat.

Komjen Pol. Rafli Amar mengaku kagum akan pesona keindahan Hutan Mangrove Tongke-Tongke ” Hutan Mangrove Tongke-Tongke sangat luar biasa , wilayah pesisir yang berwawasan lingkungan hidup ini memiliki nilai tambah tersendiri bagi Kabupaten Sinjai dan tentunya termasuk Desa Tongke-Tongke. Jadi bukan saja di Indonesia tapi masyarakat dunia pasti akan terkagum-kagum melihat kondisi seperti ini, ucapnya kagum.

Lebih lanjut Dia mengatakan, luasnya Hutan Mangrove Tongke-Tongke sangat potensial untuk terus dipromosikan menjadi wisata alam yang berwawasan lingkungan . Ini adalah modal kuat bagi masyarakat di Desa Tongke-Tongke karna kalau ini menjadi obyek wisata yang nantinya ramai dikunjungi turis domestik dan mancanegara yang akan memberikan efek domino bagi perekonomian.

Untuk menjadikannya wisata andalan perlu mendorong UMKM yang ada di Desa Tongke-Tongke agar bisa berkembang dengan meningkatkan kualitas produk khas masyarakat seperti souvenir, oleh-oleh dan makanan khas Kabupaten Sinjai agar menjadi nilai tambah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, kata mantan Divis Humas Mabes Polri ini.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hutan mangrove ini agar bisa menjadi percontohan bagi siapapun, bukan hanya di Indonesia tapi dunia “Rawatlah kondisi alam ini dan jadikan ini sebagai kawasan kebanggan Kabupaten Sinjai sebagai kekayaan yang luar biasa dan tak ternilai harganya”. Kepada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk wisatawan domestik dan internasional jangan lupa kalau berkunjung ke Sulawesi Selatan jangan lupa ke Kabupaten Sinjai. Ayo ke Sinjai, ajaknya.

Kita ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Tongke-Tongke, juga kepada H. Tayyeb yang dengan luar biasa sejak tahun 80an telah melakukan penanaman mangrove, itu bisa dikatakan sebagai pahlawan lingkungan hidup, kata Kepala BNPT.

turut hadir mendampingi Kepala BNPT, Ketua DPRD Sinjai, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Sinjai, sekretaris Disparbud Sinjai dan segenap pegawai Disparbud Sinjai.








Related Post