Mina Wisata Sapana Resmi Menjadi Tempat Rekreasi Dan Wisata

Objek wisata “Miina Wisata Sapana” terletak di Dusun Turungan Toae, Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat. Tempat wisata dengan konsep yang mengedepankan semua potensi alam yang ramah lingkungan dengan sentuhan kearifan lokal serta mengedukasi.

Peresmian tempat wisata ini dilakukan oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong didampingi anggota DPRD Sinjai Dapil 4 Fachriandi Matoa dan Hj. Nurbaya Toppo, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Andi Ikbal, perwakilan Dinas PMD, dan Camat Sinjai Barat A. Nasrun dengan pengguntingan pita dan penarikan pancing. Kamis, (28/10/2021)

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Wakil Bupati Sinjai dalam sambutannya sangat mengapresiasi kreatifitas pemuda setempat, dan mengingatkan agar pemuda Bonto Salama untuk tetap lebih mengembangkan lagi kreatifitasnya, jangan hanya sampai disini.

Andi Kartini juga berharap, agar masyarakat Desa Bonto Salama bahwa dengan adanya tempat wisata ini semakin termotivasi dalam mengembangkan dirinya, bagaimana untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

Mina Wisata Sapana yang memiliki sumber daya air yang melimpah karena pertemuan dua aliran sungai yang menjadi satu, yakni Sungai Magala dan Sungai Rumpala, selain menjadi tempat wisata juga akan dijadikan pusat pengembangan ikan air tawar, sebagaimana disampaikan Pj. Kepala Desa Bonto Salama, Sunarto, S.IP., M.Si dalam laporannya.

Lebih lanjut, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, seperti area mancing, mushola, galeri, dapur umum, gasebo dan toilet dengan tarif masuk Rp. 2000. Karena dibangun menggunakan dana desa, selanjutnya akan diserahkan untuk dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Cahaya Bonsal”, jelasnya.

Melanjutkan perjalanan, Wakil Bupati Sinjai dan rombongan mengunjungi rumah pak  Ismail, salah satu warga Desa Bonto Salama di Dusun Lapparia yang menjadi pelaku ekonomi kreatif. Dengan memanfaatkan bambu sebagai bahan baku, dia dapat membuat anyaman yang menarik, meski hanya menggunakan alat seadanya.

Related Post