Rapat Koordinasi 11 Desa Kategori Desa Wisata


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yuhadi Samad, memimpin Rapat koordinasi terkait pengembangan dan pengelolaan desa wisata di Kabupaten Sinjai. Menghadirkan 11 Kepala Desa/Perangkat Desa dan yang termasuk dalam kategori Desa Wisata, yaitu :

  1. Desa Harapan, Kecamatan Pulau IX.
  2. Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau IX.
  3. Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo.
  4. Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong.
  5. Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong.
  6. Desa Bonto Tengnga, Kecamatan Sinjai Borong.
  7. Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe.
  8. Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat.
  9. Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur.
  10. Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, dan
  11. Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor DISPARBUD Kab. Sinjai bertujuan untuk mempersiapkan Desa Wisata tersebut mendapatkan peluang memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata dan Ekraf serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, guna pengembangan potensi pariwisata, ekonomi kreatif dan event budaya/festival serta promosi desa wisata. Kamis (25/3/2021)

Undang-undang desa juga mengamanatkan untuk disalurkannya dana ke desa langsung dari pusat untuk pembangunan desa agar bisa berdaya dan mandiri. Salah satu pemberdayaan desa saat ini dengan pengembangan potensi alam pedesaan adalah pemberdayaan desa wisata.

Bahwa dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada di desa diharapkan mampu mengembangkan usaha ekonomi pedesaan. Hal ini, sesuai dengan arahan dan petunjuk Bupati Sinjai agar sektor pariwisata mendapatkan perhatian serius sebagai penunjang perekonomian masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sudayani, Kabid. Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Muh. Syachwal dan Kabid. Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dewi Angriani, Kasi. Pengembangan Sumber Daya dan Ekraf Ina Mazriyana, dan budayawan Muhannis. 

Related Post