Sinjai Siap Berpartisipasi Dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021


Dalam upaya peningkatan daya tarik Destinasi Pariwisata dan mendorong masyarakat Desa Wisata agar tetap berinovasi, Kabupaten Sinjai akan mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Kegiatan yang bertemakan “Indonesia Bangkit” ini dilaksanakan untuk sebagai bentuk penghargaan untuk desa-desa wisata yang telah berusaha mengembangkan potensi Desa Wisata di Daerahnya serta memotivasi terbentuknya Desa – desa Wisata baru sehingga dapat mengembangkan Ekonomi Desa.

Sebagaimana dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Desa Wisata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yuhadi Samad yang berlangsung ruangannya. Selasa, (25/5/3021)

Beliau menyampaikan bahwa Sinjai punya 11 Desa Wisata, namun untuk saat ini yang siap adalah Desa Tongke – Tongke, sementara Desa – desa yang lain Yuhadi berharap dapat berpartisipasi dalam Event tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa Desa – desa berpartisipasi pada Event yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif ini, akan di dampingi oleh DISPARBUD dan Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sinjai.

Adapun penilaian Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021 didasarkan atas empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan, yaitu Pilar Tata Kelola, Ekonomi Lokal, Budaya, dan Pelestarian Lingkungan.

Terdapat tujuh kategori penilaian Anugerah Desa Wisata 2021 meliputi Homestay, Toilet, Suvenir, Desa Digital, CHSE, Kontent Kreatif, dan Daya Tarik Wisata.

Untuk melakukan registrasi online melalui situs Jaringan Desa Wisata https://jadesta.com/adwi2021 yang akan dimulai pada tanggal 07 Mei hingga 26 Juni 2021. Pemenang Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021.

Turut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Disparbud Andi Mandasini, Kabid. Ekbang Dinas PMD Fitriyah Kharina Radhy, DPD Masata Sinjai A. Yusriadi Justar, Kabid. Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Muh. Syachwal serta segenap undangan lainnya.

Related Post