Hadiri Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern (SPI)


Inspektorat Kabupaten Sinjai melaksanakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Internal (SPI) atau cara menyusun manajemen resiko di aula Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Sinjai. Kamis, (3/6/2021)

Dihadiri Sekretaris Disparbud Andi Mandasini Saleh, didampingi Kabid. Pengembangan Pemasaran Dewi Angriani, Kabid. Pengembangan Destinasi Pariwisata Muh. Syachwal, dan Kasubag. Program Asnani Kridawanti, penyusunan manajemen resiko dilakukan berdasarkan Permenkumham Nomor 5 Tahun 2018 tentang Manajemen Resiko.

Mewakili Inspektorat Sinjai, Syukran menjelaskan bagaimana penyusunan manajemen yang terdiri dari daftar resiko yang mencakup pada indikator kinerja, penyebab, dampak, pengendalian internal, sisa resiko dan rencana penanganan resiko.

Lebih lanjut, dalam membuat tabel pemetaan mencakup penilaian resiko dengan melihat kesesuaian antara tujuan kegiatan dengan sasarannya. Setelah penetapan tujuan, satuan kerja melakukan identifikasi atas resiko internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan tersebut, setelah itu baru diadakan analisis resiko.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memetakan resiko apa saja yang mungkin terjadi, sehingga sebelumnya dapat diambil langkah-langkah mitigasi atau pencegahannya.

Related Post