Aksi Peduli Sampah & Kampanye Lingkungan di Objek Wisata Hutan Mangrove Tongke – Tongke


Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah salah satu acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan.

Dalam rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup 2021, Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kab. Sinjai, Drs. Yuhadi Samad, M.Si menghadiri kegiatan “Aksi Peduli Sampah & Kampanye Lingkungan” yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab. Sinjai.

Bertempat di objek wisata Hutan Mangrove Tongke – Tongke, kegiatan ini mengangkat tema “Restorasi dan Pelestarian Ekosistem Mangrove Tongke-Tongke di Desa Tongke – Tongke, Kec. Sinjai Timur, Kab Sinjai. Jumat, (16/07/2021) 

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya mendukung optimalisasi Program Pengolahan Sampah di daerah, khususnya di daerah kawasan mangrove Tongke – Tongke serta menumbuhkan rasa kepedulian cinta alam generasi muda, serta meningkatkan peran generasi muda sebagai ujung tombak konservasi Mangrove.

Dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab. Sinjai A. Zainal Arifin Nur, serta dihadiri Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si, dalam acara tersebut, ratusan orang  turut mengambil bagian, bekerjasama memungut sampah di sekitar pemukiman dan kawasan wisata Hutan Mangrove Tongke – Tongke.

Pada kesempatan yang sama, Kadis. Disparbud Yuhadi Samad menyampaikan bahwa Hutan Mangrove Tongke – Tongke saat ini merupakan awal hasil buah karya masyarakat setempat dan dibantu Pemda, BUMN, Kementrian, dan Pemprov., hingga membuat sedemikian mempesona dan menjadikannya destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sinjai.

Diikuti juga oleh mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Sarwono Kusumaatmadja yang hadir via Zoom, berbagi cerita sukses mengelola bakau dan pentingnya menanam dan memelihara bakau.

Turut hadir Dandim 1424 Sinjai, Polres Sinjai, para Kepala OPD Kab Sinjai, Camat Sinjai Timur Akbar, Kepala Desa Tongke-Tongke Sirajuddin, Ketua Pokdarwis ‘ACI’ Saiunuddin dan beberapa organisasi pemuda dan pecinta alam Kab. Sinjai. (Fais/Anti)

Related Post