Disparbud Sinjai Gelar Festival Kue Tradisional dan Kerajinan Tradisional di Baruga Adat Karampuang


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Sinjai menggelar Festival Kerajinan Tradisional dan Festival Kue Tradisional, di Baruga Adat Karampunag, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo. Sabtu, 12/10/19.

Festival ini merupakan rangkaian kegiatan Pesta Adat Mappogau Sihanua yang akan digelar pada hari kamis, 17 Oktober 2019. Adapun peserta yang ikut adalah utusan Desa Se-Kecamatan Bulupoddo dan Utusan Dusun Se-Desa Tompobulu.

Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Andi Mandasini, S.IP,M.SI dalam sambutannya mengatakan Festival Kerajinan Tradisional dan Festival Kue Tradisional ini pertama kali diselenggarakan guna melestarikan kebudayaan jajanan dan kerajinan tradisional khas Sinjai yang sudah ada dan dibuat masyarakat dari dulu.

Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan khususnya generasi muda, agar keberadaan kue dan kerajinan tradisional ini tidak hilang dari peredarannya sekaligus menarik minat wisatawan.

Berbagai aneka kerajinan tangan ditampilkan dalam festival ini seperti Teko, Timba, Bakul, dll. Sedangkan kue tradisional yaitu Beppa Laiya, Cucuru, Tarajjo, dll.

Adapun yang menjadi juara Kue tradisional yaitu Juara 1 Desa Bulutellue, Juara 2 Dusun karampuang, Juara 3 Dusun Data. Juara Kerajinan tradisional Yaitu Juara 1 Desa Bulutellue, Juara 2 Dusun Karampuang, Juara 3 Dusun Data. 

Selain Festival Kue Tradisional dan Kerajinan Tradisional, juga dilaksanakan beberapa festival antara lain:
Festival Cerita Rakyat, 12 oktober 2019, Pukul 19.00.
Festival Massure, 12 Oktober 2019, Pukul 19.00.
Festival Buruda, 13 Oktober 2109, Pukul 19.00.
Festival Massikiri /Barasanji, 13 Oktober 2019, Pukul 19.00.
Festival berburu babi, 14 oktober 2019, Pukul 07.30.

Related Post