“Gerakan Sadar Wisata & Aksi Sapta Pesona”


Acara yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata & Kabupaten Sinjai, berlangsung di obyek wisata Kampoeng Galung, di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat. Kamis, (2/9/2021)

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Yuhadi Samad, M.Si, acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disbudpar Prov. Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra.

Dalam sambutannya, Kemal mengajak para pelaku pariwisata untuk terus memanfaatkan, mengembangkan dan memantapkan potensi yang ada di objek wisata Kampoeng Galung.

Terlebih seperti kuliner khas Desa Barania, ikan karper, lemmang, sayur gelang, kue cucur dan dodol, serta produk lokal seperti beras merah, gula merah.

Namun, untuk menjadikan destinasi wisata menjadi menarik dan lebih dikenal orang luar, tentunya dibutuhkan kerjasama yang baik mulai dari elemen pemerintah sampai elemen masyarakat, tambahnya.

Selain itu, Sapta Pesona harus diterapkan agar pengunjung merasa nyaman saat berkunjung dan ingin berkunjung kembali.

Selepas membuka acara, beliau menyerahkan alat kebersihan secara simbolis kepada Kadis. Pariwisata & Kebudayaan Sinjai, untuk mengajak peserta melakukan pembersihan sekitar obyek wisata sebagai simbol bahwa seluruh kegiatan pariwisata menerapkan Sapta Pesona, termasuk didalamnya menjaga kebersihan.

Dalam kesempatan yang sama, Disbudpar Prov. Sulsel juga memberikan beberapa hadiah doorprize untuk para peserta yang terdiri dari pengelola destinasi wisata Kampoeng Galung, pengelola homestay, dan tokoh masyarakat setempat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Sinjai Barat, Kapolsek Sinjai Barat, Koramil Sinjai Barat, dan Plt Kepala Desa Barania. (Faiz)

Related Post