Kepala Disparbud Sinjai Hadiri Pesta Adat Mappogau Hanua


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai Haerani Dahlan yang didampingi Sekretaris Disparbud Andi Mandasini menghadiri acara pesta adat Mappogau Hanua yang digelar di Lapangan Sepak Bola Lattadaga Massa di Dusun Bole, Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai. Senin, (7/12/20).

Prosesi pesta adat Mappogau Hanua dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Sinjai, Akbar. Dalam sambutannya Dia mengatakan kegiatan ini salah satu wujud keberagaman budaya di Bumi Panrita Kitta dengan tujuan untuk melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal, khususnya yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah.

Sekda Sinjai berharap pesta adat ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya agar tetap menjaga budaya yang sudah menjadi identitas masyarakat setempat. Sekaligus mengangkat dan memperkenalkan potensi wisata budaya bagi wisatawan.

Sebelum acara puncak, pesta adat Mappogau Hanua juga dirangkaikan dengan kegiatan perburuan hama babi hingga kerja bakti di sekitar Desa Saohiring.

Tradisi adat ini secara turun-temurun digelar setiap tahunnya secara bergiliran oleh masyarakat Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah.

Related Post