Kunjungan Disparbud Sinjai Ke Lokasi Penemuan Batu Misterius


Team Disparbud sinjai

Sinjai Borong,- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai melakukan kunjungan ke lokasi penemuan bongkahan batu besar, warga setempat menyebutnya dengan batu misterius yang di temukan saat mengeruk tanah dengan excavator untuk perintisan jalan tani dan jalan menuju obyek wisata Air Terjun Kembar di Desa barambang, Kecamatan Sinjai Borong pada hari Selasa, 11 September 2018.

Bongkahan batu berukuran panjang 100 cm hingga 450 cm dengan diameter 120 cm hingga 242 cm ini berjumlah ratusan, ada yang  jatuh ke sungai dan ada yang masih tertancap dalam tanah. Ada enam belas buah yang berhasil di naikkan warga ke pinggir jalan.

Foto bongkahan batu yang masih tertancap dalam tanah

Foto bongkahan batu yang jatuh ke sungai

Setelah melakukan pengamatan pada bongkahan batu kami tidak menemukan adanya tanda-tanda pengerjaan, bekas pahatan atau sejenisnya jadi dugaan sementara batuan tersebut terbentuk secara alami yang biasa diistilahkan dengan Collumnar Joint. Tetapi kami tetap akan melaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sulawesi Selatan untuk dilakukan kajian lebih lanjut, kata Kepala Disparbud sinjai (Drs. Yuhadi Samad, M. Si).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post