Puncak Perhelatan Pesta Adat Mappogau Sihanua 2019


Puncak perhelatan pesta adat Mappogau Sihanua berlangsung meriah. Acara yang digelar di Kawasan Adat Karampuang, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai (17/10/19) dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan dan Kepala Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Prov. Sulsel yang didampingi Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, SP., M.SP.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai selaku ketua panitia dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini, S.IP. M.SE, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai khususnya di komunitas adat Karampuang, serta mengangkat dan memperkenalkan potensi wisata khususnya wisata budaya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten Sinjai.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, SP., M.SP membuka acara ini mengatakan pesta adat Mappogau Sihanua akan menjadi aset untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata.

Ia juga berharap agar kita dapat bersama-sama lebih pro aktif dalam upaya melestarikan pesta adat Mappogau Sihanua, serta melakukan promosi yang lebih intensif sehingga event budaya ini dapat dikenal lebih luas bukan hanya oleh masyarakat Sinjai tetapi juga oleh masyarakat di luar Kabupaten Sinjai.

Sebelum puncak acara pesta adat Mappogau Sihanua berbagai rangkaian kegiatan seperti Festival Kue dan Kerajinan Tradisional, Festival Massure’, Festival Cerita Rakyat, Festival Buruda’, Festival Massikiri/Barasanji, dan Festival Berburu Babi.

Hadir pula pada pesta adat Mappogau Sihanua Anggota DPRD Sinjai, Anggota FORKOPIMDA Sinjai, Para Asisten Setdakab Sinjai, Para Kepala OPD Sinjai, Kepala Bagian Setdakab. Sinjai, Camat Bulupoddo, Kepala Desa Tompobulu, masyarakat pendukung adat karampuang dari berbagai daerah.

Related Post